DAMPAK DARI SITUS JEJARING SOSIAL

Saat ini facebook sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, salah satu nya adalah DAMPAK DARI JEJARING SOSIAL BAGI REMAJA ditandai dengan anggapan bahwa remaja yang mempunyai facebook adalah remaja gaul. Seiring dengan perkembangan teknologi facebook dapat diakses kapanpun dimanapun. Akhir-akhir ini Badan Pengamat Teknologi Indonesia (Suwarno:2009) juga mengemukakan bahwa 40% remaja mengakses facebook saat pelajaran berlangsung, ini menandakan bahwa mereka lebih sering online daripada mendengarkan pelajaran yang diterangkan guru mereka, oleh karena itu saat ini antara facebook dengan remaja merupakan suatu hubungan yang tak dapat di pisahkan, padahal akhir-akhir ini banyak kejadian-kejadian yang penyebabnya juga karena facebook.

PEMBAHASAN

            Situs jejaring sosial adalah sebutan atau nama lain dari web.comunity. Jejaring sosial pada umumnya digunakan untuk melakukan kolaborasi antar netter atau pengguna. Kolaborasi dalam hal ini diantaranya yakni saling melakukan komunikasi berupa saling memberi pendapat, mencari teman, bertukar file, atau mengirim email. Layaknya situs dalam dunia internet lainnya, penggunaan situs jejaring sosial juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap pemakainya.

3.1 Dampak negatif Facebook a.  Tidak peduli dengan sekitarnya

  1. Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
  2. Menghamburkan uang
  3. Mengganggu kesehatan
  4. Berkurangnya waktu belajar
  5. f. Rawan terjadinya perselisihan
  6. g. Sering terjadi penipuan
  7. h. Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi.

    2 Dampak positif Facebook

  8. Facebook menjadi sarana pembentukan identitas.
  9. Para pengguna Facebook mengatakan  jejaring ini sebagai tempat dimana seseorang dapat menjadi dirinya sendiri dan bebas berkomunikasi dengan teman dekat, ibu, bapak, saudara, pacar, teman bisnis, atau jejaring yang lebih luas.
  10. Pengguna dapat berbagi foto diri dan teman-teman, video, dan membangun komunitas maya, termasuk menggalang kepedulian.
  11. layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
  12. tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok.
  13. Jaringan, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam kita berdasarkan negara.
  14. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa dilihat oleh pengguna lain.

KESIMPULAN

 buatlah jejaring pertemanan bukan hanya dari dalam negeri saja, melainkan hingga ke luar negeri. Karena hal ini dapat memepermudahkan kita dalam dunia kerja nanti. Disinilah peran situs jejaring sosial yang sebenarnya, yakni memberikan seseorang sebuah tempat untuk dapat menjalin pertemanan dan berkomunikasi pada lebih dari satu orang. Tapi kita juga tidak dapat menyampingkan bahaya yang bisa terjadi akibat kecanduan situs jejaring sosial ini. Banyak hal yang dapat terjadi jika kita lengah dalam berteman di dunia maya karena dibalik sana banyak sekali orang – orang tidak bertanggung jawab telah memanfaaatkan situs jejaring sosial untuk melakukan tindak kriminal. Oleh karena itu kewaspadaan kita juga pengawasan daari orang tua sangat diperlukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam berjejaring di dunia maya seperti ini.